Page Title

Biografi Guru

Biografi Guru

Venerable Buddharakkhita


Biografi Guru

foto-biografi-Venerable Buddharakkhita

Bhikkhu Buddharakkhita lahir pada tahun 1971, di Pulau Penang, Malaysia. Perkenalan pertamanya dengan Buddhisme terjadi pada saat ia masih remaja, dan setelahnya ia pun dengan antusias mengikuti berbagai jenis kegiatan Dhamma saat ia sedang menempuh jenjang pendidikan SMP.

Setelah lulus dari Amerika Serikat, ia kemudian memulai karirnya sebagai seorang insinyur. Ia tekun mempelajari meditasi sedari usia muda, dan telah mencoba berbagai metode meditasi sebelum pada akhirnya ia menemukan medote latihan meditasi Samatha dan Vipassanā dari Buddha, sebagaimana yang diuraikan di dalam Visuddhimagga.

Pada tahun 2008, ia mengikuti retret meditasi singkat di Tusita Hermitage, Kuching, Malaysia. Terinspirasi oleh para anggota Saṅgha di sana yang masih berusia muda, dan juga Bhikkhu U Maṅgala, ia pun memutuskan untuk menjalani sisa kehidupannya sebagai seorang Bhikkhu. 

Pada tahun 2009, beliau ditahbiskan oleh Yang Paling Dimuliakan Pa Auk Sayadaw, dan mulai berlatih di bawah bimbingan Bhikkhu U Maṅgala. Bhikkhu Buddharakkhita kemudian mengikuti retret meditasi intensif selama enam bulan, dan berhasil menyelesaikan tahapan latihan meditasi Samatha dan Vipassanā di bawah bimbingan Yang Paling Dimuliakan Pa Auk Sayadaw di Wihara Hutan Pa Auk, Mawlamyine, Myanmar.

Pada tahun yang sama, beliau menghabiskan masa vassanya bersama dengan Yang Paling Dimuliakan Pa Auk Sayadaw, Bhikkhu U Mangala dan para Bhikkhu lainnya, para Sayalay, dan para meditator lainnya di Himalaya, India. Masa ini juga menandakan debut beliau dalam membantu mengajar meditasi. Pada tahun 2013, bersama dengan dua orang Bhikkhu junior, Bhikkhu Buddharakkhita kembali menjalani masa vassanya bersama dengan Yang Paling Dimuliakan Pa Auk Sayadaw. 

Bhikkhu Buddharakkhita fasih berbahasa Inggris dan Mandarin. Semenjak tahun 2011, beliau membantu Sayadaw U Kañcana dan Bhikkhu U Maṅgala untuk mengajarkan meditasi kepada para Bhikkhu, Sayalay, dan siswa-siswi perumah tangga di berbagai tempat, seperti Tusita Hermitage di Kuching, Dhampus di Nepal, Amerika Serikat, Taiwan, dan juga beberapa tempat di Tiongkok. Saat ini, ia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengajarkan meditasi di Dhamma Earth di Semenyih, Selangor, Malaysia Barat.



Pengumuman


image-pengumuman-kosong

Statistik Pengunjung


  • Hari ini 25
  • Kemarin 133
  • Minggu ini 158
  • Bulan ini 2,738
  • Sepanjang waktu 51,737