Page Title

Peraturan Retret Meditasi

Peraturan Retret Meditasi

PERATURAN DAN TATA TERTIB PELATIHAN MEDITASI

  1. Peserta diwajibkan untuk menjalankan Aṭṭhanga sīla ( Uposatha Sīla / Delapan Moralitas ). Jika ada halangan dapat dibicarakan dan meminta persetujuan guru pembimbing dan ketua panitia.
  2. Peserta diwajibkan menjaga keheningan lingkungan dan tidak berbicara ( Noble Silence ). Jika ada kebutuhan yang sangat mendesak harap hubungi relawan atau ketua panitia. 
  3. Peserta diwajibkan mengikuti semua jadwal, petunjuk / instruksi dan metode dari guru pembimbing. 
  4. Peserta diwajibkan memberitahu panitia mengenai keadaan kesehatannya dan juga obat yang sedang diminum secara rutin. 
  5. Peserta diwajibkan menghadiri sesi interview dan menceritakan hal – hal PENTING terkait pengalaman meditasinya. Peserta dimohon TIDAK MENDISKUSIKAN hal – hal di luar pengalaman meditasi. 
  6. Peserta diwajibkan mencuci perlengkapan makan sendiri setelah makan. 
  7. Peserta diwajibkan menjaga kebersihan seluruh area ( termasuk kamar mandi dan kamar tidur ). Sebelum pulang para peserta wajib untuk membersihkan dan merapikan semua fasilitas yang telah digunakan. 
  8. Selama retret berlangsung peserta menggunakan pakaian yang longgar, nyaman dan dengan bahan yang tidak mengeluarkan suara. 
  9. Dilarang memasuki / berkunjung ke ruang kamar peserta lainnya untuk berbicara. 
  10. Dilarang memasuki kamar atau ruang meditasi peserta yang berbeda jenis kelamin. 
  11. Dilarang menggunakan parfum / minyak wangi, obat – obatan yang menimbulkan bau yang akan mengganggu peserta lainnya ( seperti : minyak kayu putih, balsam, dan lain-lain ). 
  12. Dilarang untuk merokok, meminum minuman yang beralkohol, memakai narkoba. Jika melakukan hal tersebut maka peserta akan dipulangkan. 
  13. Semua alat komunikasi peserta harus dititipkan kepada panitia. 
  14. Jangan membawa barang berharga dalam kegiatan retret, panitia tidak bertanggung jawab atas kehilangan barang – barang milik pribadi. 
  15. Panitia tidak bertanggung jawab atas kejadian / hal yang berada di luar kesanggupan dan wewenang yang dimiliki ( seperti : sakit, kecelakaan, dan sebagainya ). Untuk itu sangat penting bagi peserta untuk memperoleh persetujuan keluarga/saudara untuk mengikuti retret. 
  16. Peserta diwajibkan mematuhi semua peraturan dan ketetapan panitia selama retret dan tidak boleh meninggalkan retret tanpa mengutarakan alasan yang masuk akal. 
  17. Keputusan panitia bersifat mutlak. Dan hal – hal lain yang tidak tercakup dalam peraturan ini akan ditetapkan kemudian oleh panitia. 


PERLENGKAPAN PRIBADI UNTUK DIBAWA

  1. Obat – obatan / vitamin / suplemen yang biasa diminum sehari – hari selama retret berlangsung.
  2. Pakaian nyaman & sopan ( selama retret berlangsung ) dengan warna yang tidak mencolok/warna-warni ( disarankan berwarna putih ). Demi kenyamanan bersama, tidak diperkenankan mencuci pakaian selama pelatihan meditasi – kecuali retret panjang ( lebih dari 2 minggu ).
  3. Peralatan mandi, sandal jepit dan botol minum pribadi. 
  4. Sleeping bag, syal, kaos kaki, jaket/ baju hangat dan sarung tangan ( bila tidak cocok dengan suhu dingin AC ).   

*) Peserta tidak diperkenankan membawa kendaraan pribadi


ATURAN KUTI

  1. Wajib menjaga kebersihan seluruh area ( ruang tamu, ruang tidur, kamar mandi dan lain-lain ). Sebelum pulang umat/yogi wajib membersihkan dan merapikan semua fasilitas yang telah digunakan.
  2. Wajib menjaga ketenangan sepanjang masa, baik di kuti maupun seluruh area Vihāra.
  3. Membuka dan menutup pintu dengan pelan ( tidak menimbulkan suara berisik ).
  4. Pemakaian listrik ( lampu & AC dan lain-lain ) dan air secukupnya, bila keluar dari kuti agar memastikan AC, lampu dan keran air sudah dimatikan. Mencuci pakaian hanya dilakukan saat retret intensif ( tidak menggunakan mesin cuci ).
  5. Tidak membuang kertas tisu ( termasuk tisu basah & pembalut ) ke toilet.
  6. Tidak menyangga bantal di bagian tubuh lain selain kepala.
  7. Berperilaku dan berpakaian sopan.
  8. Tidak saling berkunjung ke kuti maupun menerima tamu luar masuk ke kuti.
  9. Dilarang makan dan merokok di dalam kuti.
  10. Wajib membersihkan seluruh area kuti, mencuci perlengkapan kuti ( seprei, sarung bantal, keset, dan lain-lain ), mengosongkan tong sampah yang telah dipakai sebelum meninggalkan kuti.

Pengumuman


Statistik Pengunjung


  • Hari ini 18
  • Kemarin 33
  • Minggu ini 219
  • Bulan ini 863
  • Sepanjang waktu 8,776